Kamis, 12 Februari 2015


Jumlah potensi permintaan air panas yang dihitung dari sistem air panas, digunakan untuk menentukan desain suplai air panas saat memilih water heater (pemanas). Perkiraan tersebut juga termasuk kebutuhan tambahan yang mungkin ada saat kondisi tidak biasa, terhadap pemakaian air panas. Kemudian semua kebutuhan yang
telah direncanakan dimasukkan dalam profil operasi, pada periode permintaan dan periode normalisasi (recovery).

Kebutuhan tambahan terhadap air panas selama periode permintaan dan normalisasi ditentukan untuk menghitung kapasitas tangki cadangan dan/ kapasitas normal. Sehingga setelah periode puncak, sejumlah tertentu air panas masih tersedia, untuk permintaan air panas saat itu juga.

Ilustrasi profil operasi biasanya terlihat sebagai profil berselang dan profil kontinyu seperti pada gambar berikut. Walaupun sebenarnya profil operasi tersebut hanya didasarkan pada kondisi umum yang terjadi di lapangan. Gambar. 1 memperlihatkan pola permintaan normal dalam satu hari, yang dipisahkan dengan waktu normalisasi 8 dan 12 jam.

Profil tersebut menunjukkan bahwa antara permintaan sekali waktu dan permintaan terus menerus (periode permintaan dan normal) dipisahkan oleh selang waktu 3 atau 4 jam, yang mana yang lebih lama. Permintaan sekali waktu adalah periode dimana suplai hanya mengandalkan ukuran tangki untuk memenuhi permintaan air panas pada periode puncak. Jumlah permintaan inilah yang digunakan untuk menentukan ukuran tangki. 

Kapasitas normal dari pemanas ditunjukkan oleh periode permintaan terus menerus, memperlihatkan kemampuan pemanas untuk menyediakan air panas pada periode normal. Yang hanya dipenuhi dari kapasitas pemanas. Gambar. 2 menggambarkan kerja langsung dua shift sehari untuk keperluan sebuah industri pemrosesan. Jika ditentukan laju alir maksimum 0.8 m³/h digunakan dalam sistem suplai air panas, pada periode normal pemanas harus mampu menyediakan cukup suplai air panas secara instan. Ini artinya semua suplai pada periode permintaan dipenuhi dari tangki cadangan, dan dipastikan pemanas mampu membantu suplai permintaan yang tidak biasa.

diadaptasi dari PVI dan AO Smith.
Kategori:
  • Hubungi Kami

    Office:

    Suradita Residence
    Jl. Chery Blok C5-18
    Suradita Serpong 15310

  • Kotak Info

    Mobile:

    +62 812 8905 3950

    Mail:
    info@metalink.co.id
  • Histats