Minggu, 05 April 2015

Inspeksi Pipa Boiler

Diangkat oleh Aminudin Zuhri pada 09.30
Banyak industri proses yang tergantung dengan Boiler sebagai penghasil energi (berupa uap panas), sebagai contoh pada Pabrik Pupuk, Industri Makanan, Industri Kertas, dan Industri Kimia lainnya. Dalam proses, kegagalan pada satu bagian dapat menyebabkan semua sistem terhenti secara total dan mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Sehingga, diusahakan seminimal mungkin terjadi shutdown pada bagian proses akibat dari kegagalan mesin. Ada banyak pendekatan untuk mengurangi kegagalan yang terjadi. Diantaranya dengan metode FMEA (Failure Method and Effect Analysis), RBI (Risk Based Inspection). Penerapan Tools statistik juga sangat membantu untuk memberikan data yang akurat terhadap kejadian - kejadian penting yang mengarah pada kegagalan. Sebagai contoh, data failure dengan metode Overall Equipment Efficiencies yang merupakan best practice dari sistem Total Productive Maintenance. Paket data tersebut kemudian diolah dengan banyak metode seperti pada tools konsep Six Sigma. Sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan keakuratan yang diperlukan. 

Banyak metode yang digunakan dalam praktiknya untuk mendapatkan kualitas inspeksi yang baik. Namun, yang paling utama, semua bagian dalam metode yang diaplikasikan harus benar - benar dilakukan dengan komitmen tinggi. Baik itu melibatkan organisasi secara langsung maupun vendor atau kontraktor dan konsultan. Berikut contoh khusus inspeksi yang dilakukan pada perpipaan. 

  • Ekspansi
  • Rangka pendukung yang cukup
  • Tidak ada kebocoran
  • Koneksi yang benar. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ada perubahan posisi karena adanya tegangan pada pipa atau sambungan yang lain.
  • Spesifikasi yang cocok untuk kondisi operasi
  • Tidak ada fakta-fakta korosi, erosi, atau retak
Contoh dari item inspeksi pada gambar adalah pekerjaan yang membutuhkan bantuan alat - alat laboratorium (DT) yang tidak dapat dilakukan secara langsung di lapangan (NDT). Akan ada banyak item pengujian seperti ini yang dapat membantu pengamatan terhadap tanda - tanda kegagalan yang disebutkan pada proses inspeksi. 

Pengujian Pada Pipa Boiler di IP Suralaya


    

Kategori: ,
  • Hubungi Kami

    Office:

    Suradita Residence
    Jl. Chery Blok C5-18
    Suradita Serpong 15310

  • Kotak Info

    Mobile:

    +62 812 8905 3950

    Mail:
    info@metalink.co.id
  • Histats