Jumat, 12 Juli 2013

Dye Penetrant Inspection | Preparasi sample

Diangkat oleh Aminudin Zuhri pada 11.06
Penggunaan dye penetrant dalam inspeksi NDT dipengaruhi oleh gaya adhesi pada permukaan metal atau sample terhadap dye penetrant. Sehingga persiapan sebelum aplikasi dye penetrant sangat kritikal. Semua Coating atau lapisan pasif harus dihilangkan dari permukaan untuk membuka bagian cacat terhadap masuknya dye penetrant. Misalnya; Cat, Pernis, Lapisan logam (debris, flux, scale, plating) dan Lapisan oksida (rust, fluid) yang berpotensi menutup titik - titik cacat.
Substrat sebelum preparasi dilakukan
Aplikasi atau penggunaan sandblasting atau sanding harus dikontrol karena dapat berpotensi terhadap penutupan titik cacat. Efek Smearing karena tekanan tinggi sangat mungkin terjadi. Salah satu solusi terhadap kotoran yang bersifat elsatis seperti cat, pernis, minyak, grease, lilin, decal, biasanya digunakan cairan kimia pelarut. Namun tentu akan timbul masalah lain jika larutan sisa tidak dapat dibersihkan karena mengganggu dye penetrant.  Terdapat indikasi beberapa cairan pembersih yang bersifat alkali mempengaruhi dye penetrant jika terdapat konsentrasi silikat di atas 0,5%. Seperti Sodium Silikat, Sodium Metasilikat, dan turunannya yang lebih adhesif terhadap permukaan metal.
Preparasi dengan sodablasting
Proses sodablasting dengan menggunakan media sodium bicarbonate adalah solusi lain yang lebih menjanjikan karena prosesnya yang cepat dan aman. Sodium bicarbonate yang water soluble mudah dibersihkan dari permukaan setelah preparasi selesai. Pengeringan dapat dilakukan dengan dryer biasa. Sodablasting juga mencegah smearing, bahkan terhadap material yang relatif mudah terabrasi.


Kategori: ,

0 comments:

Posting Komentar

  • Hubungi Kami

    Office:

    Suradita Residence
    Jl. Chery Blok C5-18
    Suradita Serpong 15310

  • Kotak Info

    Mobile:

    +62 812 8905 3950

    Mail:
    info@metalink.co.id
  • Histats